Banner

10 Cara Agar Blog Menjadi Ranking 1 di Google Dalam 10 Menit

Share it:


Agar artikel blog atau website berada di rangking 1 Google, sobat bisa langsung mencoba 10 cara jitu ini tanpa ada yang terlewat berikut ini.

#1. Pilih keyword potensial

Keyword potensial yaitu keyword yang punya potensi besar untuk dicari banyak orang. Karena keyword inilah yang nanti akan mengantarkan artikel sobat menjadiranking 1 di Google.
Keywordnya boleh menggunakan keyword abadi maupun keyword musiman. Yang penting keyword populer yang informasinya banyak dibutuhkan. Cara riset keyword bisa dicari di Google Adword Planner atau melihat keyword di post populer blog sebelah.
Tahap awal, cobalah gunakan keyword frase. Misalnya cara membuat blog, cara membuat website, cara mengganti template blog, cara mempercantik blog, cara membuat artikel SEO, dll.

Silakan baca : Cara riset keyword dan menempatkan kata kunci dalam artikel

#2. Buat judul artikel yang bikin penasaran

Kalau sudah menemukan kata kunci potensial, sebelum membuat artikel coba lakukan pencarian di Google dengan kata kunci yang akan dikembangkan menjadi sebuah artikel SEO. Silahkan perhatikan judul-judul artikel yang muncul di halaman pertama atau di ranking 1 di Google.
Judul mana yang menurut sobat paling mencolok? Jangan mau kalah, cobalah sobat buat judul artikel yang lebih menarik dari judul yang sudah ada agar pembaca merasa penasaran.
Jangan lupa, selain bikin judul yang bikin penasaran, judul harus mengandung kata kunci yang ditargetkan.
Kenapa judul bisa mempengaruhi posisi artikel di SERP?
Judul yang menarik dan mengundang klik >> banyak pengunjung >> banyak dishare pembaca >> peringkat blog di SERP naik >> trafik meningkat. Sobat pasti sudah paham, bagaimana merangkai kata agar menarik dan bikin penasaran orang untuk mengkliknya.

#3. Buat artikel minimal 2.000 kata

Setelah mengantongi keyword potensial, merangkai kata untuk judul SEO, menarik dan bikin penasaran, langkah selanjutnya buatlah artikel sebanyak 2.000 atau lebih. Jelasnya, tidak boleh kurang atau sama panjang dengan artikel kompetitor. Usahakan panjang artikel sobat lebih panjang.
Susah dong?
Betul, tapi pendapat saya menjadi ranking 1 di Google lebih sulit daripada membuat artikel panjang. Daripada repot nanti, mendingan buat artikel panjang dari awal agar bisa juara satu  Google dengan mudah.
Bagaimana agar artikel panjang tidak membosankan pembaca?
Persoalan sebenarnya bukan pada panjang atau pendek, pembaca nyaris tidak peduli itu tetapi mereka peduli pada informasi apa yang bisa diperoleh dari artikel yang dibacanya.
Tips agar artikel tidak membosankan pembaca, di antaranya:
Artikel harus tetap menarik
Padat informasi
Tidak bertele-tele
Tidak mengulang-ngulang kata
Paragrafnya tidak boleh terlalu panjang
Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Gunakan kosa kata yang mudah dipahami
Penting juga diperhatikan bahwa artikel harus akurat dan tidak menyesatkan pembaca. Google juga memiliki data yang sangat luar biasa, apabila artikel kita tidak sesuai data yang mereka miliki maka posisinya di SERP akan buruk.
Bergurulah pada wikipedia, kita tahu bahwa wikipedia selalu menjadi ranking satu Google. Karena mereka menampilkan jutaan data yang akurat dan banyak link internal meskipun kontennya hanya 2 paragraf.

#4. Tempatkan keyword di posisi yang tepat

Ketika sobat sedang menulis artikel, tempatkan kata kunci pada artikel secara tepat.
Dimana tempat terbaik menempatkan keyword?
Sisipkan keyword dalam judul
Sisipkan keyword dalam slug / URL
Simpan keyword dalam kalimat pertama (20 hari pertama)
Sebarkan keyword dalam tubuh artikel
Gunakan sinonim kata kunci
Simpan kata kunci di alt tag dan title tag gambar
Simpan kata kunci di meta deskripsi

#5. Kerapatan keyword ideal

Pengulangan kata kunci terlalu sering bisa berdampak buruk terhadap SEO, artikel sobat bisa dianggap SPAM. Oleh karena itu kerapatan kata kunci (keyword density) juga penting untuk diperhatikan agar artikel kita dapat menjadi ranking 1 di Google.
Keyword density yang ideal dan direkomendasikan oleh bebeberapa pakar SEO adalah minimal 2%, maksimal 4,5%. Diluar itu, artikel sobat sudah tidak SEO.

#6. Sisipkan minimal 1 buah gambar

Gambar adalah hal penting dalam artikel, keberadaannya dalam artikel berguna untuk memberikan ilustrasi bagi pembaca tentang apa yang sedang mereka simak, menghindari kejenuhan saat membaca dan tempat menanam keyword.
Betul, gambar dapat dimanfaatkan untuk menyimpan keyword. Yakni di ALT tag dan title tag.

#7. Utamakan kepuasan pembaca

Buatlah artikel panjang, atraktif, interaktif, menarik dan berbeda dengan artikel lainnya di internet. Susun huruf A – Z sedemikian rupa sehingga meskipun kita bahas topik yang sama tetapi redaksinya menjadi berbeda. Menurut saya SEO adalah permainan kata.
Tawarkan sosulsi atau jalan keluar dan jawaban atas segara persoalan yang sedang dihadapi pembaca. Ingat lagi, pembaca kita bukan Google tapi manusia, Google akan menampilkan sebuah artikel di top 1 SERP Google kalau banyak baca pengguna internet.
Tandanya pengguna suka ialah banyak pembaca, sekai kunjungan page viewnya banyak dan waktu kunjungannya lama. Karena trafik bukan hanya kunjungan, tetapi segala aktifitas pengunjung dalam situs kita.
Baca juga : Pengertian Trafik dan visitor blog yang sebenarnya

#8. Pastikan artikel segera terindex google

Setelah 7 cara agar blog menjadi ranking 1 di Google di atas sudah sobat lakukan, langkah selanjutnya yaitu sobat harus melakukan cara cepat agar artikel terindex Google. Kalau bisa cepat dan aman, kenapa harus menunggu lama?
Cara agar artikel cepat terindeks Google adalah submit artikel blog ke Google Webmaster Tool. Silakan login terlebih dahulu menggunakan akun gmail masing-masing, kemudian submit URL artikel baru sobat di situ.
Setelah disubmit, tunggu beberapa saat kemudian lakukan pengecekan apakah artikel sudah terindex atau belum. Caranya ketik site:URL (contoh : site:http://tipsngeblog.com/blog/cara-menempatkan-artikel-di-halaman-pertama-google/).
Kalau sudah muncul di hasil pencarian, tandanya artikel sobat sudah terindex. Langkah selanjutnya lakukan pencarian di Google dengan kata kunci artikel tadi. Silakan periksa, apakah artikel sudah muncul di top 1 Google? Kedua? Ketiga?

#9. Lakukan promosi dengan benar

Cara agar bisa menjadi ranking 1 di Google berikutnya lakukan promosi dengan benar. Artinya jangan melakukan SPAM link, misalnya mempromosikan artikel sobat di forum-forum diskusi.

Promosi ini penting karena semakin banyak pembaca, maka posisi artikel kita di SERP akan terus naik dan semakin kuat. Namun harus diingat, jangan membuat backlink secara membabi buta. Sewajarnya saja.
#10. Bersahabat dengan kompetitor

Terakhir agar artikel blog menjadi ranking 1 Google yaitu menjalin persahabatan dan silaturahmi dengan blog kompetitor. Karena kalau sobat punya hubungan baik dengan mereka, sobat bisa meminta bantuan untuk misalnya membuat link natural ke blog sobat.
Hal penting yang harus dicatat bahwa jika sobat jalan-jalan ke blog sebelah, berkomentarlah dengan baik dan sopan sesuai topik yang dibahas. Berkomentarlah di blog yang topiknya sama dengan blog sobat.
Kesalahan yang biasa dilakukan yaitu membuat backlink dengan menitipkan link, baik link aktif maupun di NAME/URL di blog yang nichenya tidak relevan dengan artikel sobat yang sedang ditingkatkan peringkatnya.

Share it:

Optimasi Search Engine

SEO

Post A Comment:

0 comments: