Banner

Motherboard

Share it:
EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory) adalah sejenis chip memori non-volatile yang digunakan dalam komputer dan peralatan elektronik lain untuk menyimpan sejumlah kecil konfigurasi data pada alat elektronik tersebut. Chip ini biasanya digunakan untuk menyimpan data konfigurasi BIOS dan seting sistem yang berhubungan dengannya. untuk penyimpanan data yang berjumlah besar maka penggunaan usb flashdisk/flash memori lebih ekonomis. Kelebihan utama dari EEPROM dibandingkan EPROM adalah ia dapat dihapus secara elektris menggunakan cahaya ultraviolet sehingga prosesnya lebih cepat. Jika RAM tidak memiliki batasan dalam hal baca-tulis memori, maka EEPROM sebaliknya. Beberapa jenis EEPROM keluaran pertama hanya dapat dihapus dan ditulis ulang (erase-rewrite) sebanyak 100 kali sedangkan model terbaru bisa sampai 100.000 kali.

ROM (ReadOnlyMemory).
Merupakanchip (IC = integrated circuit) yang menyediakan fungsi penyimpanan data yang bersifat“hanya dapat dibaca saja, tidak dapat ditulisi”, dan sifat penyimpanannya permanen (jika catu dayanya ditiadakan, isi ROM tetap ada). Tipe memori ini sering disebut sebagai memori yang tidak mudah berubah (nonvolatile memory).

RAM (Random Access Memory).
Merupakan chip yang menyediakan fungsi penyimpanan data yang bersifat“dapat dibaca dan ditulisi”, dan sifat penyimpanannya sementara (jika catu dayanya ditiadakan, isi RAM hilang).

PROM (Programmable ROM).
Merupakan ROM yang isinya diprogram oleh pabriknya. Jenisnya: ROM Matriks Diode/Transistor BJT/FET.

EPROM (Erasable PROM)
Adalah ROM yang dapat dihapus dan diprogram isinya oleh pengguna. UV-EPROM adalah ROM yang isinya dapat dihapus dengan sinar Ultra Violet. Untuk memrogramROM ini digunakan EPROM Programmer.
Share it:

Post A Comment:

0 comments: